Pengertian, landasan dan asas, dan tujuan koperasi

RNT21

Pengertian, landasan dan asas, dan tujuan koperasi

26 juli 2020

Pengertian koperasi

Pegertian koperasi berasal dari bahasa inggris co-operation yang berarti usaha bersama. Dengan kata lain berarti segala pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama sebenarnya dapat disebut koperasi. Namun demikian yang di maksud dengan koperasi di sini adalah suatu bentuk peraturan dan tujuan tertentu pula, perusahaan yang didirikan oleh orang-orang tertentu, untuk melakukan kegiatan- kegiatan tertentu.

Landasan dan asas koperasi

Landasan dan asas koperasi umumnya terdiri dari tiga hal sebagai berikut:

1. Pandangan hidup dan cita-cita moral yang ingin dicapai suatu bangsa. Unsur ini lazimnya disebut sebagai landasan cita-cita atau landasan idiil yang menentukan arah perjalanan usaha koperasi.

2. Semua ketentuan atau tata tertib dasar yang mengatur agar falsafah bangsa, sebagai jiwa dan cita-cita moral bangsa benar-benar dihayati dan diamalkan. Unsur landasan koperasi yang kedua ini disebut sebagai landasan struktural.

3. Adanya rasa karsa untuk hidup dengan mengutamakan tindakan saling tolong menolong di antara sesama manusia berdasarkan ketinggian budi dan harga diri, serta dengan kesadaran sebagai makhluk pribadi yang harus bergaul dan bekerjasama dengan orang lain. Sikap dasar yang demikian ini dikenal sebagai asas koperasi.

Tujuan koperasi

Tujuan koperasi pada garis besarnya meliputi 3 hal yaitu:
a) Memajukan kesejahteraan anggotanya.
b) Memajukan kesejahteraan masyarakat.
c) Ikut serta membangun tatanan perekonomian nasional.

Daftar pustaka
Ekonomi koperasi (teori dan praktik) DR. SUBANDI, M.M.

Komentar